SISTEM MONITORING, EVALUASI, DAN KONTROL MUTU DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Authors

  •   Nafisatus Silviya   UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  •   Agus Zaenul Fitri   UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Jawa Timur Indonesia
  •   Asy’aril Muhajir   UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Jawa Timur Indonesia

Abstract

Penjaminan mutu pendidikan merupakan aspek krusial sebagai upaya peningkatan kualitas madrasah di lembaga pendidikan Islam. Namun, penerapannya masih menghadapi sejumlah tantangan, baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan model Kitchenham untuk mengkaji sistem monitoring, evaluasi, dan kontrol mutu pada madrasah. Dari hasil analisis terhadap 20 artikel ilmiah, ditemukan bahwa proses monitoring umumnya dilakukan melalui supervisi kepala madrasah, laporan guru, dan partisipasi masyarakat. Sayangnya, proses evaluasi masih bersifat administratif dan kurang dimanfaatkan sebagai dasar pengambilan keputusan strategis. Sementara itu, kontrol mutu dilaksanakan melalui pembentukan tim mutu internal, audit berkala, serta penguatan budaya kerja berbasis nilai-nilai Islam. Kendala yang sering muncul antara lain keterbatasan fasilitas, minimnya pelatihan bagi tenaga pendidik, serta belum optimalnya penggunaan teknologi dalam dokumentasi dan sistem mutu. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih menyeluruh dan berkelanjutan untuk membangun budaya mutu di lingkungan madrasah. Penguatan kapasitas SDM, pengembangan instrumen evaluasi berbasis data, serta pemanfaatan teknologi menjadi langkah penting yang perlu diperhatikan demi mewujudkan sistem dalam penjaminan sebuah mutu yang efektif dan kontekstual.

References

Andriani, Windy. 2021. “Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review Dalam Penelitian Ilmu Sosiologi.” Jurnal PTK Dan Pendidikan 7(2):124–33. doi: 10.18592/ptk.v7i2.5632.

Barus, Nispi Ani. 2024. “Optimizing Resources in the Implementation of Internal Quality Assurance Systems: An Exploratory Study in Islamic Educational Institutions.” JUMPA : Jurnal Manajemen Pendidikan 5(2):124–34. doi: 10.33650/jumpa.v5i2.8895.

Bashori, Abdul Hamid, Moh. Nafi’ Alisha, and Moh. Jalaluddin. 2024. “Implementasi Lembaga Pengendali Mutu Pendidik Di Lembaga Pendidikan Islam.” Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam 5(1):29–42. doi: 10.54150/thawalib.v5i1.290.

Dwi Kartika Susanti, Dede Rosyada, Iswan, and Ahmad Suryadi. 2024. “Penjaminan Mutu Pendidikan Islam: Studi Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong.” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 6(12). doi: 10.47467/reslaj.v6i12.4113.

Fatihin, Moh Khoirul, Nur Asnawi, and M. Fahim Tharaba. 2023. “Transforming Islamic Education: Madrasah-Based Management Strategies for Academic Excellence.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7(4):1145–60. doi: 10.33650/al-tanzim.v7i4.6746.

Hamdan, M., Su’aidi, Minnah el Widdah, Fathul Anwar, and Sahroni. 2025. “Argumen Pengembangan Kebijakan Pendidikan Islam.” At-Ta’lim: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam 7(1):33–50.

Hamdi, Ali. 2019. “Manajemen Mutu Program Diniyah Pada Pondok Pesantren MuhammadIyah Lamongan.” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4(2):247–58. doi: 10.31538/ndh.v4i2.463.

Janna, Niftahul, Bahrani Bahrani, and Akhmad Ramli. 2024. “INTEGRASI PRINSIP TOTAL QUALITY MANAJEMEN DENGAN HASIL PENILAIAN EVALUASI DIRI MADRASAH: SUATU STRATEGI MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKUALITAS.” Jurnal Manajemen Pendidikan 9(3):442–54. doi: 10.34125/jmp.v9i3.678.

Khamilatul Husna, and Muhammad Thoyyib. 2021. “SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL MADRASAH BERBASIS NILAI-NILAI PESANTREN DI MA DARUL HUDA MAYAK.” Excelencia: Journal of Islamic Education & Management 1(01):29–44. doi: 10.21154/excelencia.v1i01.92.

Khoeron, Moh. 2023. “Menjaga Khittah Pendidikan Islam Indonesia.” Kementrian Agama RI. Retrieved July 2, 2025 (Menjaga Khittah Pendidikan Islam Indonesia).

Kholil, Ahmad Agus Afwil. 2025. “Budaya Mutu Dalam Pendidikan Islam: Tantangan Dan Peluang.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 6(1):578–84. doi: 10.54373/imeij.v6i1.2527.

Kitchenham, Barbara. 2004. “Procedures for Performing Systematic Reviews.” Software Engineering Group, Departement of Computer Science, Keele Universit, UK 1–27. doi: 10.1145/3328905.3332505.

Luthfia, Anisatul, and Sunarto Sunarto. 2025. “Pengorganisasian Dalam Pendidikan Islam : Struktur Organisasi , Pembagian Tugas , Dan Koordinasi Dalam Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial 3(191–197). doi: https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1499.

Makbuloh, Deden. 2017. “Process, Results, and Consequences of Madrasa Accreditation: A Case Study in Lampung, Indonesia.” Advanced Science Letters 23(2):948–52. doi: 10.1166/asl.2017.7453.

Nurjaman, Ujang, Muhammad Al Mighwar, Makmur Harun, U. Abdullah Mu’min, and Akmad Najibul Khairi Syaie. 2022. “Quality Assurance Islamic Perspective: An Alternative in Islamic-Based Public Education Institutions.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 1(1):105–30. doi: 10.21154/cendekia.v1i1.3986.

Prayoga, Ari, Azhar Lujjatul Widad, Elin Marliana, Ima Siti Mukarromah, and Uus Ruswandi. 2019. “IMPLEMENTASI PENJAMINAN MUTU MADRASAH.” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(1):70–84. doi: 10.52431/murobbi.v3i1.183.

Rahman, Taufik, Iim Wasliman, King Muttaqien, and R. Supyan Sauri. 2021. “Accreditation Policies Implementation to Improve Performance Quality in Madrasah.” INTERNATIONAL JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW 3(2):124–44. doi: 10.33369/ijer.v3i2.15601.

Ridwan, Yusup, Nina Nurmila, Mohamad Erihadiana, and Asep Nursobah. 2022. “Quality Management Development of Boarding School Education in West Java: Research at Mifathul Huda Manonjaya Islamic Boarding School Tasikmalaya, Suryalaya Islamic Boarding School and Al-Ittifaq Ciwidey Islamic Boarding School.” International Journal of Social Service and Research 2(5):390–408. doi: 10.46799/ijssr.v2i5.110.

Sanusi, Hary Priatna. 2020. “Madrasah Quality Improvement Evaluation Strategic Management Based.” International Journal of Nusantara Islam 8(2):137–45. doi: 10.15575/ijni.v8i2.10510.

Sukur, Mukhamad, Akhyak Akhyak, and Ahmad Tanzeh. 2023. “Madrasah Excellent Service Management in Improving Customer Satisfaction.” INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE AND EDUCATION RESEARCH STUDIES 03(12). doi: 10.55677/ijssers/V03I12Y2023-05.

Syahri, Manda, St. Rodliyah, and Zainal Abidin. 2023. “Islamic Boarding Schools-Based Educational Quality Management At Madrasah Aliyah Banyuwangi.” JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 5(1):60–75. doi: 10.35719/jieman.v5i1.157.

Thoyib, Muhammad. 2022. “Internal Quality Assurance System Based on Pesantren Values: Towards The Excellence of Schools in Indonesia.” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6(3):826–40. doi: 10.33650/al-tanzim.v6i3.3378.

Widjaja, Gunawan, Yuli Supriani, Khairul Nizam Bin Zainal Badri, B. M. A. S. Anaconda Bangkara, and Moh. Imam Ishomuddin Zuhri. 2022. “Improving The Quality of Madrasas Through Financial Management.” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7(3):330–43. doi: 10.31538/ndh.v7i3.2606.

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Silviya, N., Zaenul Fitri, A., & Muhajir, A. (2025). SISTEM MONITORING, EVALUASI, DAN KONTROL MUTU DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 71–86. Retrieved from https://leaderia.uinkhas.ac.id/index.php/ldr/article/view/1075