Inovasi Manajemen Madrasah dalam Pengembangan Program Unggulan untuk Optimalisasi Prestasi Siswa

Authors

  •   Sinta Syarif   Universitas Darussalam Gontor
  •   Istiqomah Istiqomah   Universitas Darussalam Gontor, Jawa Timur, Indonesia
  •   Nur Lailly   Universitas Darussalam Gontor, Jawa Timur, Indonesia
  •   Safiira Vatya Aulia   Universitas Darussalam Gontor, Jawa Timur, Indonesia
  •   Nabila Octy   Universitas Darussalam Gontor, Jawa Timur, Indonesia
  •   Sofiyana Habibah   Universitas Darussalam Gontor, Jawa Timur, Indonesia
  •   Nathania Afina   Universitas Darussalam Gontor, Jawa Timur, Indonesia
  •   Widad Rihdatul Aisy   Universitas Darussalam Gontor, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/leaderia.v6i2.1112

Abstract

Di era globalisasi, madrasah dituntut untuk berinovasi dalam manajemen pendidikan guna mencetak lulusan yang unggul secara akademik maupun karakter. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran inovasi manajemen madrasah dalam pengembangan program unggulan untuk optimalisasi prestasi siswa. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research), melalui telaah berbagai literatur, jurnal, dan dokumen resmi, untuk memperoleh pemahaman komprehensif mengenai praktik inovasi dan strategi manajemen di madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi manajemen, termasuk penerapan program unggulan berbasis minat dan bakat siswa, penggunaan teknologi pendidikan, serta kolaborasi dengan guru, orang tua, dan masyarakat, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan prestasi akademik dan pengembangan karakter peserta didik. Strategi manajemen yang inovatif dan kolaboratif memastikan seluruh unsur madrasah bekerja sinergis, menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, interaktif, dan kondusif. Kesimpulannya, inovasi dan manajemen madrasah tidak hanya meningkatkan prestasi siswa, tetapi juga membentuk generasi yang berkarakter, kreatif, mandiri, dan siap menghadapi tantangan masa depan, menjadikan madrasah sebagai pusat pengembangan potensi peserta didik secara holistik

References

Adreas, Yuline, A. Y. (2016). Studi Kasus Peserta Didik Yang Melakukan Bullying Pada Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(11), 1–17. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php

Akhwan, M. (2008). Pengembangan Madrasah sebagai Pendidikan untuk Semua. El-Tarbawi, 1(1), 41–54. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art4

Fahmi, M. R., Yusrianti, S., & Husaini, ; (2022). Manajemen Pengembangan Program Unggulan Terhadap Kompetensi Mutu Lulusan SDIT Azkiya Bireuen Mhd. PASE: Journal o f Contemporary Islamic Education, 1(2), 43. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php

Langeningtias, U., Musyaffa’ Putra, A., & Nurwachidah, U. (2021). Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1269–1282. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.236

Mutmainnah, Muhammad, & Idrus, S. A. J. Al. (2024). Inovasi dalam Manajemen Madrasah Unggulan. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(4), 2606–2613. https://doi.org/10.55681/jige.v5i4.3640

Rohani, A. (2022). Manajemen Pengembangan Program Unggulan di Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Kota Malang Manajemen Pengembangan Program Unggulan di MAN 2 Kota Malang berprestasi . Kriteria tersebut dapat dilihat dari berbagai. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 126–141.

Rustiana, D., & Ma`arif, M. A. (2022). Manajemen Program Unggulan Tahfidz Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.2

Downloads

Published

2025-11-06

How to Cite

Syarif, S., Istiqomah, I., Nur Lailly, Safiira Vatya Aulia, Nabila Octy, Sofiyana Habibah, … Widad Rihdatul Aisy. (2025). Inovasi Manajemen Madrasah dalam Pengembangan Program Unggulan untuk Optimalisasi Prestasi Siswa. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 21–33. https://doi.org/10.35719/leaderia.v6i2.1112