Inovasi Manajemen Madrasah dalam Pengembangan Program Unggulan untuk Optimalisasi Prestasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.35719/leaderia.v6i2.1112Abstract
Di era globalisasi, madrasah dituntut untuk berinovasi dalam manajemen pendidikan guna mencetak lulusan yang unggul secara akademik maupun karakter. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran inovasi manajemen madrasah dalam pengembangan program unggulan untuk optimalisasi prestasi siswa. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research), melalui telaah berbagai literatur, jurnal, dan dokumen resmi, untuk memperoleh pemahaman komprehensif mengenai praktik inovasi dan strategi manajemen di madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi manajemen, termasuk penerapan program unggulan berbasis minat dan bakat siswa, penggunaan teknologi pendidikan, serta kolaborasi dengan guru, orang tua, dan masyarakat, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan prestasi akademik dan pengembangan karakter peserta didik. Strategi manajemen yang inovatif dan kolaboratif memastikan seluruh unsur madrasah bekerja sinergis, menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, interaktif, dan kondusif. Kesimpulannya, inovasi dan manajemen madrasah tidak hanya meningkatkan prestasi siswa, tetapi juga membentuk generasi yang berkarakter, kreatif, mandiri, dan siap menghadapi tantangan masa depan, menjadikan madrasah sebagai pusat pengembangan potensi peserta didik secara holistik
References
Adreas, Yuline, A. Y. (2016). Studi Kasus Peserta Didik Yang Melakukan Bullying Pada Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(11), 1–17. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php
Akhwan, M. (2008). Pengembangan Madrasah sebagai Pendidikan untuk Semua. El-Tarbawi, 1(1), 41–54. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art4
Fahmi, M. R., Yusrianti, S., & Husaini, ; (2022). Manajemen Pengembangan Program Unggulan Terhadap Kompetensi Mutu Lulusan SDIT Azkiya Bireuen Mhd. PASE: Journal o f Contemporary Islamic Education, 1(2), 43. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php
Langeningtias, U., Musyaffa’ Putra, A., & Nurwachidah, U. (2021). Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1269–1282. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.236
Mutmainnah, Muhammad, & Idrus, S. A. J. Al. (2024). Inovasi dalam Manajemen Madrasah Unggulan. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(4), 2606–2613. https://doi.org/10.55681/jige.v5i4.3640
Rohani, A. (2022). Manajemen Pengembangan Program Unggulan di Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Kota Malang Manajemen Pengembangan Program Unggulan di MAN 2 Kota Malang berprestasi . Kriteria tersebut dapat dilihat dari berbagai. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 126–141.
Rustiana, D., & Ma`arif, M. A. (2022). Manajemen Program Unggulan Tahfidz Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sinta Syarif, Istiqomah Istiqomah, Nur Lailly, Safiira Vatya Aulia, Nabila Octy, Sofiyana Habibah, Nathania Afina, Widad Rihdatul Aisy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











