Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Cakru Kencong Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/leaderia.v3i1.155Keywords:
marketing strategy, educational services, public interestAbstract
The level of competition in the world of education is very developed, which requires every education service provider to have an effective and efficient strategy. Strategy is essential in the world of education considering that education can provide aspects of instilling the values of attitudes and behaviors that make humans have degrees. For this reason, the purpose of this study is to find out how the marketing strategy, implementation support and inhibit marketing in MI Muhammadiyah 02 Cakru Education. The research method used is qualitative, with the type of research being narrative research. The results obtained from this study are: 1) Marketing strategy carried out by MI Muhammadiyah 02 Cakru in the form of a differentiation strategy that prioritizes four marketing objectives. Fulfilling the mission of the school, increasing customer satisfaction, increasing interest, increasing efficiency; 2) The implementation of the marketing strategy for educational services carried out is characterized by the presence of products, prices, locations, promotions, human resources, services, and processes. so that users of educational services can easily identify madrasahs with this component; 3) The lack of public awareness about how the education system is carried out by madrasahs, as well as the incompleteness of some facilities and infrastructure owned by madrasahs as a support for educational success, are supporting factors and obstacles to the marketing strategy implemented.
Tingkat persaingan dalam dunia pendidikan sangatlah berkembang, yang mana menuntut setiap penyedia jasa pendidikan mempunyai strategi efektif dan efisien.Strategi menjadi penting dalam dunia pendidikan mengingat pendidikan mampu memberikan aspek penanaman nilai-nilai sikap dan tingkah laku yang menjadikan manusia memiliki derajat. Untuk itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) bagaimana startegi pemasaran (2) implementasi startegi pemasaran (3) faktor pendukung dan penghambat pemasaran Pendidikan MI Muhammadiyah 02 Cakru. Metode penelitian yang digunakan yakni Kualitatif dengan jenis penelitian narrative riset.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh MI Muhammadiyah 02 cakru dengan bentuk strategi differensiasi yang mengedepankan empat tujuan pemasaran.Memenuhi misi sekolah, meningkatnya kepuasan pelanggan, meningkatkan ketertarikan, meningkatkan efisienasi; 2) Implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan ditandai dengan adanya produk, harga, lokasi, promosi, SDM, pelayanan dan proses.sehingga dengan komponen tersebut menjadikan madrasah dengan mudah dapat dikenali oleh pengguna jasa Pendidikan; 3) Faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran yang dilakukan disebabkan masih kurangnya kesadaran masyarakat yang belum mengenal bagaimana system pendiidkan yang dilakukan oleh madrasah ditambah masih belum lengkapanya beberapa sarana dan prasarana yang dimiliki oleh madrasah sebagai penunjang keberhasilan pendidikan.
References
Amstrong, M. (2003). “Strategic Human Resource Management. Terjemahan Atit Cahayani”. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.
Amir, Tufiq. (2005). “Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Engkoswra dan Komariah. (2010). “Administrasi Pendidikan”. Bandung: Alfabeta.
Huriyanti, Ratih. (2015). “Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen”. Bandung: Alfabeta.
Fathurrochman, Irwan. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Musirawas. “Jurnal Islamic Education Manajemen, Vol.6, No. 1(Juni 2021). DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.9471.
Kasmir. (2014). Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Press.
Kementerian Agama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. “Petunjuk Teknis Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Dan Madrasah Aliyah Kejuruan Tahun Pelajaran 2020/2021” (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2019).
Khasanah, A. Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Di SD Alam Baturraden. “Jurnal El-Tarbawi, Vol. 8, No 2 (2015). DOI: http://dx.doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art4.
Kolter, Philip. (2005). “Manajemen Pemasaran Jilid 1”. Jakarta: Intan Sejati.
Kolter, Philip. (2000). “Manajemen Pemasaran Prespektif Asia”. Yogyakarta: Andi and Pearson Education Asia.
Machfoedz dan Mahmud. (2005) “Pengantar Pemasaran Modrn”. Yogyakarta: UUP AMP YKPN.
Minarti, Sri. (2011). “Manajemen Sekolah Mengolah Lembaga Pendidikan Secara Mandiri”. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,
Mundir, A. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah. ”Jurnal Ekonomi Islam”, Vol. 7, No 1 (2015). DOI: https://doi.org/10.35891/ml.v7i1.369.
Labaso, Syahrial. Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta. “Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam”, Vol. 3, No 2 (November 2018/1440). DOI: https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-05.
Rahman, Habibur. (2020). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah di SMP IT Al-Kholis. Unpublished Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Tedjasatesan. (2001). “Strategi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran Jasa”. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, David. (2012). “Pemasaran Jasa Pendidikan”. Jakarta: Salemba Empat,
Winardi, J. (2001). “Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sahra Rohmatus Saidah, Dani Hermawan, Hartono Hartono, Moh. Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.