Konsep dan Strategi Pengembangan Karir Pegawai Di SMPIT Banten Islamic School

DOI:
https://doi.org/10.35719/leaderia.v4i2.486Keywords:
Concepts, Strategies, Career DevelopmentAbstract
Pengembangan karir disuatu lembaga adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, baik lembaga yang sudah lama ataupun lembaga yang baru berdiri sekalipun, penulisan ini hadir untuk memaparkan bagaimana dan seperti apa konsep dan strategi pengembangan karir pegawai Dimana pembahasan pada artikel ini adalah tenaga pendidik yakni guru dan staff kependidikan. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana konsep dan strategi pengembangan karir pegawai di SMPIT Banten Islamic School yang secara pengelolaan masih baru berdiri. Penulisan artikel ini menggunakan metode kualitatif deskriftif dimana penulis akan memaparkan secara deskriftif bagaimana konsep dan strategi pengembangan karir pegawai di SMPIT Banten Islamic School, hasil dari penelitian yang dilakukan adalah bahwa SMPIT Banten Islamic School sudah mempunyai konsep dan juga strategi dalam pengembangan karir pegawai dan kepala sekolah memberikan keleluasaan dan juga support kepada guru dan staff kependidikan dalam proses pengembangan karir pegawai di sekolah, Selain menambah khazanah keilmuan dibidang pengembangan karir pegawai dilembaga pendidikan artikel ini diharapkan mampu memberikan sentuhan yang bermanfaat bagi lembaga pendidikan secara teoritis dalam hal pengembangan kari pegawai
References
Abdi Baha, M., & Kholifah, N. S. N. (2023). Peran Perencanaan dan Pengembangan Karir Pada Kinerja Guru di Pesantren Al-Umm ASWAJA. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 3(2), 149–159. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v3i2.14576
Arisandy, M. R. (2019). PENGARUH KETERAMPILAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN DONGGALA.
Armstrong, 1991, M, Personnel Management Practice, Fourth Edition, London: Kogan Page limited.
Asih, P. (2023). Pengaruh Kompetensi, Pengembangan Karir dan Sarana Prasarana terhadap Kinerja Dosen. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(5), 2968–2975.
Atmawati, A., Samsudi, S. dan Sudana, I. M. (2017) “Keefektifan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Berbasis Industri pada Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video,” Journal of Vocational and Career Education,2(2). doi: 10.15294/jvce.v2i2.13809.
Dewi, A. P., & Rusdinal. (2020). PERKEMBANGAN KARIR GURU. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, 5(2), 8–13.
Ekowati, S. dan Arianto, T. (2022) “Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komitmen Organisasi terhadap Pengembangan Karir Karyawan pada PT. Agung Automall Cabang Bengkulu,” Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(1),hal. 551–558.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N.(2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1).
Handoko, H. (2011). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE
Hasibuan, M. S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksasra
Herman Sofyandi, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2008.
Hidayat, Moch. C. (2019). PENGEMBANGAN KARIR BIDANG PENDIDIKAN (Teoritis dan Praktik). UM Surabaya Publishing.
Lexy J., Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Maskur, Hidayat dan Siti Choiriyah. (2021) Manajemen Pengembangan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pada Madrasah, Jurnal Ilmu Ekonomi Islam 7, no. 02.
Moh. Agus Tulus, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1996),
Mukhlison Effendi. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 39–51. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.40
Nurul Ulfatin dan Teguh Triwiyanto, Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan, PT. RAJGRAFINDO PERSADA, DEPOK. 2018
Priskila, R., & Ie, M. (2021). PENGARUH PERKEMBANGAN KARIER DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI: Vol. III (Issue 2).
Priyatna, M. (2016). MANAJEMEN PENGEMBANGAN SDM PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. In Manajemen Pengembangan SDM… Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 05).
Salabi, A. S. (2021). Pengembangan Karier Guru Di Pesantren Darul Ihsan Hamparan Perak Deli Serdang. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.51178/ce.v2i1.170
Soekidjo Notoadmodjo, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rineka Cipta, Jakarta: Rineka Cipta.
Wahyudi, D., Marantika, A. dan Yusup, Y. (2022) “Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Fasilitas Kantor Terhadap Kinerja Perangkat Desa Di Kecamatan Kampar,” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), hal. 887–898. doi:10.36778/jesya.v5i1.658.
Wardhani, R. A. N., & Wijaya, S. A. (2020). Pengaruh Kompetensi Terhadap Pengembangan Karir dan Kinerja Guru di Kota Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 148–156.
Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers
Zaini, M. F., & Syafaruddin, S. (2020). The Leadership Behavior of MadrasahPrincipals in Improving the Quality of Education in MAN 3 Medan. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2), 95–106. https://doi.org/10.25217/ji.v5i2.649
Zulpriyadi, Badaruddin dan Daud, A. (2022) “Pengaruh pengembangan karir, kompetensi dosen dan knowledge management terhadap kinerja dosen pada ITB Nobel Indonesia,” Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 3(5), hal. 845–858.
Zuzandi. (2019). Pengembangan ProfesDan Karir Guru. Ilmiah ManajemenPendidik, 13(2), 88-99.https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/7287/3649.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ridwan Nurkarim, Anis Zohriah, Rijal Firdaos, Encep Syarifudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.