Kepala Madrasah Sebagai Pemimpin (Leader) Pendidikan

Authors

  • Ilham Yahya Romandoni Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Sulistyorini Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Nur Efendi Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.35719/leaderia.v5i1.501

Keywords:

Head of Madrasah, Leader, Education

Abstract

Kepala madrasah mempunyai peranan yang sangat sentral dalam mencapai tujuan pendidikan. Tidak hanya bertugas menjalankan administrasi sehari-hari, namun juga diharapkan menjadi agen perubahan yang mampu meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penelitian kepustakaan (kepustakaan). Dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Sumber data penelitian ini berasal dari artikel ilmiah dan buku. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Kepala Madrasah sebagai pemimpin tidak hanya bertanggung jawab dalam pengelolaan administrasi, tetapi juga membimbing, memotivasi dan menginspirasi guru dan staf untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Dengan kepemimpinan kepala madrasah yang efektif, madrasah dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, memfasilitasi pengembangan profesional bagi guru, dan memastikan keselarasan antara visi madrasah dan praktik pengajaran sehari-hari. Sebagai seorang pemimpin, Kepala Madrasah juga mempunyai peranan penting dalam membangun hubungan baik dengan pemangku kepentingan, seperti siswa, orang tua dan masyarakat, agar tercipta dukungan yang kuat bagi kemajuan pendidikan madrasah. Sehingga penting bagi Kepala Madrasah untuk terus mengembangkan kompetensi kepemimpinan, manajerial dan update mengenai perkembangan dunia pendidikan.

References

Anwar, Moch. Idochi. 2004. Administrasinpendidikan Dan Manajemen Biaya Pendidikan, Teori, Konsep dan Isu. Bandung: Alfabeta.

Aziz. 2021. Kualitas Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Dampaknya Terhadap Kinerja Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Islam. Vol. 17. No. 3.

Depdiknas. 2007. Peran Kepala Sekolah. Jakarta: Kemedikbud.

Efendi, Nur. 2017. Islamic Educational Leadership, Memahami Integrasi Konsep Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta : Kalimedia.

Hasan. 2020. Peran Kepala Madrasah dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Kontemporer. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 16. No. 2.

Indrafachrudi, Sukarno, dkk. 1996. Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Efektif. Malang:CV Manunggal Jaya.

Mohyi, Achmad. 1999. Teori Dan Perilaku Organisasi. Malang: UMM Press.

Muhaimin. 2005. Pengembagan Kurikulum Oendidikan Agama Islam: Di Sekolah, Madrasah Dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Qomar, Mujamil. 2015. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta : PT Geloran Aksara Pratama.

Ravai, Vethzal. 2004. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, Saiful. 2009. Manajemen Strategic Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Sulistiyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: TERAS.

Syafaruddin. 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Ciputat: CIPUTAT PRESS.

Wahjosumidjo. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widodo. 2019. Strategi Kepala Madrasah dalam Mengelola Sumber Daya Manusia di Era Globalisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 14. No. 1.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Ilham Yahya Romandoni, Sulistyorini, & Nur Efendi. (2024). Kepala Madrasah Sebagai Pemimpin (Leader) Pendidikan. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.35719/leaderia.v5i1.501