Manajemen Pendidikan Pesantren Dalam Membangun Kearifan Lokal Di Pondok Pesantren Darus Sholihin Kabupaten Probolinggo

Authors

  •   Rifqi Khairul Anam   Institut Ahmad Dahlan Probolinggo
  •   Mochammad Zainul Arifin   Institut Ahmad Dahlan Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.35719/leaderia.v5i1.591

  Keywords:

Manajemen Pendidikan, Pesantren, Kearifan Lokal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana dampak dari tradisi yang masih ada terhadap karakter santri yang berasal dari berbagai daerah. Teknologi dan media sosial telah mengalihkan perhatian santri dari kegiatan tradisional dan spiritual, yang berdampak pada penurunan partisipasi dalam tradisi tersebut. Hal ini dapat menimbulkan kekhawatiran tentang keberlangsungan tradisi di masa depan serta tantangan untuk memastikan bahwa santri memahami dan menginternalisasi nilai-nilai tradisi yang ada. Di Pondok Pesantren Darus Sholihin (PPDS), minat santri terhadap kegiatan tradisional semakin menurun karena para generasi muda lebih cenderung tertarik pada hal-hal modern dan kurang menyadari pentingnya melestarikan tradisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk menggambarkan fenomena sesuai dengan pengalaman subjek. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk menganalisis manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Darus Sholihin secara deskriptif. Setelah data dikumpulkan, kemudian  peneliti menyajikan situasi secara objektif dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Darus Sholihin berhasil mengintegrasikan pendidikan agama dan akademik, menghasilkan generasi Muslim yang unggul. Sistem manajemen berfokus pada pengembangan akademik dan pembentukan karakter, dengan kearifan lokal berperan penting dalam pelestarian tradisi. Kurikulum menggabungkan nilai-nilai adat, budaya, dan praktik keagamaan, sehingga menciptakan santri yang cerdas, bermoral, dan bisa menghargai perbedaan yang ada.

References

Adlini, M. N. (2023). Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 52–63.

Ani Lufianti , Ahmad Saefudin, muhammad K. (2024). Journal of Learning and Teaching. 01, 5–15.

Arif Januardi, Superman, S. N. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Tradisi Masyarakat Sambas dalam Pembelajaran Sejarah. 4, 794–805.

Awalia, R., Rama, B., & Rasyid, M. R. (2023). Perkembangan Pendidikan Islam Masa Awal Di Jawa, Lembaga & Tokohnya. Adiba: Journal of Education, 3(1), 29–39.

Dwi Pamungkas, Noor Aini, & Nita Novianti. (2022). Learning Management System dalam Pendidikan. Buletin Edukasi Indonesia, 1(01), 19–23. https://doi.org/10.56741/bei.v1i01.22

Hakim, T. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(2)(1), 129–140.

Hidayah, U. (2020). Laku Tasawuf Orang Tua Untuk Pencapaian Kecerdasan Moral Dan Spiritual Anak. Journal TA’LIMUNA, 9(2), 115–132. https://doi.org/10.32478/talimuna.v9i2.488

Husna, N. (2024). Pengembangan Kurikulum Ma ’ had Aly. 4, 3080–3086.

Ibrahim, M., & Tamam, A. M. (2024). Program Matrikulasi Bahasa Arab Pada Pondok Pesantren : Konsep dan Relevansi. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 103–124. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i1

Mansyuri, A. H., Patrisia, B. A., Karimah, B., Sari, D. V. F., & Huda, W. N. (2023). Optimalisasi Peran Pesantren dalam Lembaga Pendidikan Islam di Era Modern. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 101–112. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.6376

Mimin, E. (2023). Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dengan kurikulum paud: strategi mewujudkan siswa paud profil pelajar Pancasila. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 7(01), 93–104. https://doi.org/

Muhammad, D. H., & Syahrin, Muhammad Alfi Maulidiyah, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religious Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Miftahussalam Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 29–44. https://doi.org/10.37286/ojs.v8i2.158

Munawaroh. (2019). Kepemimpinan Kiai Dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Riyadhul Mubtadi’Ien Di Tanjung Rahayu Kec. Way Lima Pesawaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580

Prabowo, M. A., Hanifah, M. N., Abduh, M., Kalsum, U., & Jefriyanto, J. (2023). Internalisasi Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa dalam Kode Etik Akuntan. Wahana Riset Akuntansi, 11(2), 89. https://doi.org/10.24036/wra.v11i2.124175

Prasetiya, B. (2018). Peningkatan Kemampuan Guru Madrasah Dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Di Probolinggo. Annual Conference on Comunity Engagement, 441–465.

Rahim, P. H. (2023). DALAM KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL DI INDONESIA Diajukan Kepada Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Doktor dalam Bidang Pengkajian Islam Dosen Pembimbing : Prof . Dr . H . Abuddin Nata , M.

Ridwan, M., Nurrobiyanto, N., Jahari, J., & Erihadiana, M. (2024). Optimalisasi Kemandirian dan Jiwa Interpeunership Santri: Inovasi Manajemen Peserta Didik di Pesantren Terpadu. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.62070/kaipi.v2i1.46

Rohmani, A. H., Nurudiana, D. D., & Kartiko, A. (2023). Peran Kyai Dalam Melestarikan Budaya Bawean di Pondok Pesantren Penaber (Studi Peran Kyai Dalam Perspektif Praktis Sosial Pierre Bourdieu). Al-Mada: Jurnal Agama Sosial Dan Budaya, 6(2), 88–101.

Rusdianti. (2024a). No PROGRAM PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP DAN AGROPRENEURSHIP DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS.

Rusdianti. (2024b). PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI. 3(3), 2280–2294.

Sakdiah, H., & Syahrani. (2022). Pengembangan Standar Isi dan Standar Proses Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Cross-Border, 5(1), 622–632.

Saputra, A. M. A., Huriati, N., Lahiya, A., Bahansubu, A., Rofi’i, A., & Taupiq, T. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Hybrid Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Potensi Siswa. Journal on Education, 6(1), 1102–1110. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3050

Suharson, A. (2024). Regenerasi Pengrajin Gerabah Perempuan di Pundong, Kasongan, dan Bayat dalam Mempertahankan NilaiNilai Kearifan Lokal Budaya Jawa. Panggung, 34(1), 28. https://doi.org/10.26742/panggung.v34i1.2812

Umar Sidiq, & M. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Khairul Anam, R., & Mochammad Zainul Arifin. (2024). Manajemen Pendidikan Pesantren Dalam Membangun Kearifan Lokal Di Pondok Pesantren Darus Sholihin Kabupaten Probolinggo. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 44–55. https://doi.org/10.35719/leaderia.v5i1.591