Supervisi Akademik untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru

Authors

  • Yean Rasu Universitas Negeri Manado
  • Joulanda A.M Rawis Universitas Negeri Manado
  • Mozes Markus Wullur Universitas Negeri Manado
  • Viktory N.J Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i2.67

Keywords:

Supervisi Akademik, Kompetensi Guru, Kompetensi Pedagogik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis supervisi akademik yang terdiri dari (1) perencanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru guru kelas (2) pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru kelas (3) tindak lanjut supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder yang diperoleh dari tiga objek yaitu orang-orang seperti kepala SMP Negeri Minahasa Utara dan para guru, tempat diadakannya SMP Negeri Minahasa Utara, dan kertas-kertas yang berisi tentang hasil supervisi akademik. Hasil penelitian menunjukkan, (1) perencanaan supervisi akademik untuk peningkatan kompetensi pedagogik guru kelas yaitu (a) sebelum observasi (b) saat observasi, (c) setelah observasi, (d) monitoring. (2) Pelaksanaan supervisi akademik untuk peningkatan kompetensi pedagogik guru kelas yaitu (a) monitoring administrasi pembelajaran, (b) monitoring praktik pembelajaran di kelas. (3) Menindaklanjuti supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru kelas berupa pemberian penghargaan atas kinerja yang dilakukan guru.

 

References

Admodiwirio, S. (2010). Manajemen Pengawasan, Supervise Sekolah. Jakarta: PT. Ardadidya Jaya.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek: Edisi revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.(2005). Peraturan Pemerintah Republik

Indonesia Pendidikan, Jakarta.

Dimmera, B. G., Asrori, A., & Wahyudi, W. (2016). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala sekolah dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Produktivitas kerja, Jurnal Pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa.

Djamarah, Syaiful Bahri (1994): Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. PT. Usaha Nasional, Surabaya.

Herawati, H., Murniati, A. R., & Yusrizal, Y. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah pada SMP 1 Lhoknga Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah.

Leniwati, L., & Arafat, Y. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan).

Messi, M., Sari, W. A., & Murniyati, M. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan)

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nuraini, M. (2016). Pengaruh Supervisi Akademik dan Iklim Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI SD di Kota Bengkulu. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.

Nurpuspitasari, D., Sumardi, S., Hidayat, R., & Harijanto, S. (2019). Efektivitas Pembelajaran ditinjau dari Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan.

Payong, M. R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: Indeks.

Poerwandari, Kristi, 2005. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta : Fakultas Psikologi UI

Riski, A. (2019). Supervisi Akademik Kepala Sekolah. INA-Rxiv Paper,

Wahyusumidjo. (1994). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2021-12-25

How to Cite

Rasu, Y., Rawis, J. A., Wullur, M. M., & Rotty, V. N. (2021). Supervisi Akademik untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 55–61. https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i2.67