Analisis Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan
DOI:
https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i2.68Keywords:
Profesionalitas Guru Berkelanjutan, Kualitas Pembelajaran, Supervisi PendidikanAbstract
The quality of learning in Indonesia is indicated to have not met the expected quality. This has an impact on student learning achievement which is not yet encouraging, especially compared to student learning achievement. This study aims to analyze educational supervision for continuous teacher professional development. The method used is descriptive qualitative method. This research uses qualitative methods. Bogdan and Taylor in Moleong (2010:4) explain that qualitative research is "a research procedure that produces descriptive data in the form of written or spoken words from people or observable behavior. Data collection in qualitative research is not limited to certain categories, thus enabling researchers to study and find certain issues in depth related to the problem under study where researchers conduct studies on several articles relevant to the research objectives and collect data for further analysis. the description of the findings, thus this research is categorized as library research.
The results showed that educational supervision held teacher learning which ultimately resulted in high student achievement. Improving the quality of learning needs to be done continuously along with the development of science, technology, society. The approach to improving the professionalism of teachers can be done by using supervision techniques, fostering a learning organizational culture, and training activities. By using this approach, institutional performance can be carried out through continuous professional improvement of teachers, both individually and in groups.
Kualitas pembelajaran di Indonesia diindikasikan belum memenuhi kualitas yang diharapkan. Hal ini, berdampak pada prestasi belajar siswa yang belum menggembirakan terutama dibandingkan prestas belajar siswA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis supervise pendidikan untuk pengembangan profesionalitas guru berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah metode descriptive kualitatif Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Bogdan dan Taylor dalam Moleong (2010:4) menerangkan bahwa penelitian kualitatif merupakan “prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati. Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif tidak dibatasi pada kategori-kategori tertentu, sehingga memungkinkan peneliti untuk mempelajari dan menemukan isu-isu tertentu secara mendalam terkait dengan masalah yang diteliti dimana peneliti melakukan kajian terhadap beberapa artikel yang relevan dengan tujuan penelitian dan mengambil data untuk dianalisis selanjutnya melakukan deskripsi temuan hasil dengan demikian penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi pendidikan memegang pembelajaran guru yang pada akhirnya menghasilkan prestasi belajar siswa yang tinggi. Peningkatan kualitas pembelajaran perlu dilakukan secara berkesinambungan seiring perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, masyarakat. Pendekatan peningkatan keprofesionalan guru tersebut dapat dilakukan dengan teknik supervisi, menumbuhkan budaya organisasi pembelajar, dan kegiatan pelatihan. Dengan menggunakan pendekatan tersebut, dapat dilakuka kinerja lembaga melalui peningkatan keprofesionalan guru secara berkelanjutan baik yang dilakukan secara perorangan maupun kelompok.
References
Acheson, K., & Gall, M. D. (2004). Supervision and Teacher Developm Preservice and Inservice
Applications (5th ed.). New York: John Wiley & Sons, Inc.
Armstrong, Michael. (2006). Strategic Human Resource Management, a Guide to action; 3rd Edition. Philadelphia, USA: Kogan Page.
Daresh, C. John, & Playko Marsha A. (1995). Supervision as Effective Staff Development and Inservice Education. Supervision as a Proactive Process Concepts and Cases (2nd ed.). Prospect Heights, Illinois: Waveland Press.
Glatthorn, A. A. (1997). Differentiated Supervision (2nd ed). Alexandria, VA: Association for
Supervision and Curriculum Development.
Glickman, C. D., Gordon, S.P., & Ross J.M. (2010). Supervision and Instructional Leadership:
Developmental Approach Boston, MA: Allyn and Bacon.
Goldhammer, R, Anderson, R. H. & J. (1980). Clinical Supervision Methods for the Supervision of
Teachers. USA: Holt, Rinehart and Winston.
Kompasiana. (2012). Pendidikan di Indonesia Bermutu Rendah, Inilah Penyebabnya! (online:
http://edukasi.kompasiana.com/2012/1 1/18/pendidikan-di-indonesia bermutu-rendah-inilah 509196.html, akses 18 November 2012).
Mahapatro, Bibhuti B. (2010). Management. New Delhi: New Age International (P) Ltd., Publishers.
Mardhiyah, M. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah Dan Komitmen Kerja Guru Terhadap
Profesionalitas Guru Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Pekanbaru. Journal Of Education And Teaching, 2(2), 225-235.
Mathis, Robert L. & Jackson, John H. (2003). Human Resource Management, Edisi 10e. South-
Western, Australia; pp. 318-320.
Mulyadi, Agus. (2012). Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun (online:
http://nasional.kompas.com/read/2012/12/14/09005434/Prestasi.Sains.dan.Matematika.Ind
onesia.Menurun.; akses: 14 Desember 2012.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar
Kepala Sekolah/Madrasah Peraturan Menteri Penertiban Aparatur Negara da Reformasi Birokrasi nomor 21 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.
Sabandi, A. (2013). Supervisi Pendidikan untuk Pengembangan Profesionalitas Guru
Berkelanjutan. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 1-9.
Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (2002). Supervision: a Redefinition. Boston: McGraw - Hill.
Stern, Deborah Jo King & Kemp. (2004). Competency-Based Human Resource Management. California, USA: Davies-Black Publishing.
Tenriningsih, Andi. (2013). Supervisi Pengajaran Tingkatkan Kualitas Pembelajaran. (online: http://www.kopertis9.or.id/beri ta/view/650/4, tanggal 1 Juni 2013).
Wahyuningsih, S. (2017). Pengaruh Supervisi Pendidikan Terhadap Kemampuan Profesional Guru
Dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Min Se-Kabupaten Banyumas (Doctoral Dissertation, Iain Purwokerto).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Michelle Supit, Joulanda A.M Rawis, Mozes Markus Wullur, Viktory N.J. Rotty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.