Tanggung Jawab Pemimpin Dengan Konflik di Lembaga Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.35719/leaderia.v5i1.684Keywords:
Leader, Conflict, SchoolAbstract
Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi, membimbing, dan mengarahkan orang atau kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Ini melibatkan kemampuan untuk menginspirasi, memotivasi, dan mengarahkan orang lain menuju visi yang diinginkan. Dalam kepemimpinan, pemimpin memberikan dukungan, komitmen, dan upaya untuk mencapai tujuan bersama. Artikel ini adalah studi penelitian yang menggunakan metodologi tinjauan pustaka. Pendekatan yang analisisnya menggunakan tinjauan pustaka dengan mengumpulkan bahan-bahan materi terkait tanggung jawab pemimpin dengan konflik dari buku-buku, jurnal-jurnal. Setiap keputusan dan tindakan selalu membawa banyak kemungkinan. Selain itu, ada konsekuensi tertentu, yang dapat baik atau buruk. Karena konsekuensi tertentu, orang harus bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Pemimpin juga harus bertanggung jawab atas apa yang mereka pimpin dan mereka sendiri. Pemimpin memiliki peran krusial dalam menangani konflik dan menciptakan budaya kerja yang mendukung penyelesaian konflik dengan baik. Dengan pendekatan proaktif dan budaya kerja yang saling mendukung.
References
A. Rusdiana, ORGANISASI LEMBAGA PENDIDIKAN: Hand Out Mata Kuliah Organisasi Lembaga Pendidikan (Bandung: Pusat Tresna Bhakti Press, 2021).
Christine Daymon and Immy Holloway, Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communications (Yogyakarta: Bentang Pustaka, 2008) .
Damayanti et al., Manajemen Konflik (Purbaglingga: Eureka Media Aksara Berkerjasama dengan Kolaborasi Buku Eureka, 2024) .
Edison Siregar, Buku Ajar Kepemimpinan (Bandung: Widina Media Utama,2023).
Febrianty et al.,Kepemimpinan Bukan Sekedar Menjadi Pemimpin (Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia, 2023).
Hegar Pangarep, 101 Tips Kilat Kepemimpinan (Yogyakarta: Media Pressindo, 2010).
M. Subhan Iswahyudi et al., Kepemimpinan Dalam Organisasi (Yogyakarta: Cendikia Mulia Mandiri, 2023).
Riyanto Wujarso, Kepemimpinan: di Era Kekinian (Kalimantan Tengah: Asadel Liamsindo Teknologi, 2023).
Stephen P.Robbins and Timothy A.Judge, Perilaku Organisasi 2 (ed. 12) HVS (Jakarta: Penerbit Salemba, 2008).
Suparman, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Guru: Sebuah Pengantar Teoritik (Ponogoro: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019).
Suprianto et al., Pengantar Perilaku Organisasi (Batam: Yayasan cendikia Mulia Mandiri, 2024).
Syaiful Sagala, Pendekatan & Model Kepemimpinan (Prenada Media, 2018).
Jonni Mardizal et al.,(2023) “Model Kepemimpinan Transformational, Visioner Dan Authentic Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Era 4.0,” Innovative: Journal Of Social Science Research, 3 (5)
Sumartono, (2019) “Dinamika Perubahan Sosial Dalam Teori Konflik,” Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 5 (1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahma Wati Wa Ode, Siti Julaiha , Akhmad Ramli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











