Peran Komunikasi Efektif Dalam Mengelola Konflik Di Lembaga Pendidikan

DOI:
https://doi.org/10.35719/leaderia.v5i1.735Keywords:
Effective Communication, Conflict, Educational InstitutionsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran komunikasi efektif dalam mengelola konflik di lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan fokus pada kajian pustaka, di mana peneliti mengumpulkan dan menganalisis berbagai referensi terkait komunikasi efektif dan manajemen konflik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang jelas, terbuka, dan empatik dapat membantu mengidentifikasi masalah, mendorong pemahaman, serta menciptakan solusi yang efektif dalam menghadapi konflik. Selain itu, penerapan komunikasi efektif tidak hanya menyelesaikan konflik, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memperkuat kolaborasi antara pendidik, siswa, orang tua, dan seluruh stakeholder. Dengan demikian, penguatan keterampilan komunikasi efektif di lembaga pendidikan menjadi kebutuhan penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hubungan antar individu di dalamnya.
References
Amran, A., & Sulaiman, M. (2019). Pengaruh Konflik terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 11 No.2.
Andri Kristanto. (2020) Manajemen Konflik. Yogyakarta: Gava Media
Bush, T., & Middlewood, D. (2013). Leading and Managing People in Education. London: Sage Publications.
Danang Suntoyo. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, CAPS: Yogyakarta.
Defano T, Marsya, Ona R. (2023). Manajemen Konflik dan Upaya Pananganan Konflik dalam Organisasi Pendidikan di Sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, Vol. 2 No.3.
Fauzan, Lailatul usriyah. (2021). Peran Komunikasi Organisasi dalam Manajemen Konflik. Jurnal Idarah: Pendidikan dan Kependidikan Vol. 2 No.5
Malik, M., & Wahyuni, E. (2020). Komunikasi Efektif Berbasis Nilai Islam untuk Penyelesaian Konflik. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Munib, A. & Wulandari, F. (2021). Studi Literartur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara Vol.7 No.1
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Education.
Setyawan, T. (2020). Efek Komunikasi Internal dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan, Vol. 12 No.3.
Siti F, Khoirotun N, Retista. (2024). Strategi Dan Pendekatan Mengelola Konflik di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akutansi dan Bisnis, Vol. 2 No.1.
Somad, Rismi. (2014). Manajemen Komunikasi. Alfabeta:Bandung
Tubbs, S. L., & Moss, S. (2008). Human Communication: Principles and Contexts. New York: McGraw-Hill.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mokh Badrudin, Noar Asria Ningrum, Izah Ulya Qadam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.