Manajemen Sarana Dan Prasarana Di SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi Kota Jambi

Authors

  • Aris Munandar UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Cindy Fatikhah Sari UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Indria Widiarti UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rani Yuliana Indi Syafitri UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nanda Farisyanadira UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nina Silpiyani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Abdul Saleh Siregar UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Raudha T.Vazari UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dhalia UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Septian Riski Saputra UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.35719/leaderia.v5i2.761

Keywords:

Management, Facility, Infrastructure, Special School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis pengelolaan sarana dan prasarana di SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi Kota Jambi dengan fokus pada efektivitas penggunaan, pemeliharaan, dan pengelolaan fasilitas pendidikan. Tujuan lainnya adalah memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan wakil kepala sekolah yang bidang sarana dan prasarana, kepala jurusan autisme, dan salah satu guru keterampilan. Observasi langsung terhadap fasilitas sekolah juga dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat. Selain itu, dokumen pendukung seperti laporan penggunaan dan pemeliharaan fasilitas dianalisis untuk melengkapi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di SLBN ini sudah berjalan cukup baik. Namun, terdapat tantangan terkait pemeliharaan fasilitas dan penyediaan alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Beberapa fasilitas memerlukan perbaikan dan pembaruan untuk mendukung kenyamanan serta efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penguatan perencanaan, pelaksanaan evaluasi rutin terhadap fasilitas yang ada, dan optimalisasi alokasi anggaran. Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan fasilitas, sehingga berdampak positif pada kualitas layanan pendidikan di SLBN.

References

Haris, Ikhfan. (2016). Manajemen Fasilitas Pembelajaran. Gorontalo: UNG Press.

Hidayah, Nur dan Hendro Widodo. (2020). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: K-Media.

Ibrahim, I., dkk. (2022). SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(3), 170–181.

Nurabadi,Ahmad. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Saputri, R. Y., Oktaria, S. D., & Muhisom. (2023). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Membangun Sekolah yang Efektif di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(2), 141–147.

Sherly, Leni Nurmiyanti, dkk. (2020). Manajemen Pendidikan. Bandung: WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.

Syahputra, Dwi Rilfadi dan Nuri Aslami. (2023). Prinsip- prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Jurnal: Manajemen Kreatif Jurnal. 1 (3), 51-61.

Tirtoni, Feri dan Fitri Wulandari.(2021). Buku Ajar Manajemen Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.

Tiwa, M. Tellma. (2022). Manajemen Pendidikan. Jawa Tengah: Lakeisa.

Ula, K. I., & Rohman, T. (2024). Peran Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif di Lembaga Pendidikan Islam. 3(4). 1628-1637.

(Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional)

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Munandar, A., Sari, C. F., Widiarti, I., Indi Syafitri, R. Y., Farisyanadira, N., Silpiyani, N., … Saputra, S. R. (2025). Manajemen Sarana Dan Prasarana Di SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi Kota Jambi. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 76–85. https://doi.org/10.35719/leaderia.v5i2.761