Manajemen Sarana Dan Prasarana Di SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.35719/leaderia.v5i2.761Keywords:
Management, Facility, Infrastructure, Special SchoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis pengelolaan sarana dan prasarana di SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi Kota Jambi dengan fokus pada efektivitas penggunaan, pemeliharaan, dan pengelolaan fasilitas pendidikan. Tujuan lainnya adalah memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan wakil kepala sekolah yang bidang sarana dan prasarana, kepala jurusan autisme, dan salah satu guru keterampilan. Observasi langsung terhadap fasilitas sekolah juga dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat. Selain itu, dokumen pendukung seperti laporan penggunaan dan pemeliharaan fasilitas dianalisis untuk melengkapi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di SLBN ini sudah berjalan cukup baik. Namun, terdapat tantangan terkait pemeliharaan fasilitas dan penyediaan alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Beberapa fasilitas memerlukan perbaikan dan pembaruan untuk mendukung kenyamanan serta efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penguatan perencanaan, pelaksanaan evaluasi rutin terhadap fasilitas yang ada, dan optimalisasi alokasi anggaran. Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan fasilitas, sehingga berdampak positif pada kualitas layanan pendidikan di SLBN.
References
Haris, Ikhfan. (2016). Manajemen Fasilitas Pembelajaran. Gorontalo: UNG Press.
Hidayah, Nur dan Hendro Widodo. (2020). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: K-Media.
Ibrahim, I., dkk. (2022). SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(3), 170–181.
Nurabadi,Ahmad. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Saputri, R. Y., Oktaria, S. D., & Muhisom. (2023). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Membangun Sekolah yang Efektif di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(2), 141–147.
Sherly, Leni Nurmiyanti, dkk. (2020). Manajemen Pendidikan. Bandung: WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.
Syahputra, Dwi Rilfadi dan Nuri Aslami. (2023). Prinsip- prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Jurnal: Manajemen Kreatif Jurnal. 1 (3), 51-61.
Tirtoni, Feri dan Fitri Wulandari.(2021). Buku Ajar Manajemen Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.
Tiwa, M. Tellma. (2022). Manajemen Pendidikan. Jawa Tengah: Lakeisa.
Ula, K. I., & Rohman, T. (2024). Peran Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif di Lembaga Pendidikan Islam. 3(4). 1628-1637.
(Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aris Munandar, Cindy Fatikhah Sari, Indria Widiarti, Rani Yuliana Indi Syafitri, Nanda Farisyanadira, Nina Silpiyani, Abdul Saleh Siregar, Raudha T.Vazari, Dhalia, Septian Riski Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.