MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS STRATEGY PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN MULTIKULTURALISME DAN GLOBALISASI DI ERA DIGITAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi manajemen hubungan masyarakat yang diterapkan di Pondok Pesantren Baitul Hikmah, Sumba Barat, NTT, dalam menghadapi tantangan multikulturalisme dan globalisasi di era digital. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif jenis studi kasus, penelitian ini mengkaji tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi humas yang dirancang pesantren untuk menjembatani keragaman budaya masyarakat lokal yang mayoritas Kristen sekaligus merespons dinamika global.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Baitul Hikmah menerapkan pendekatan berbasis nilai-nilai Islam universal yang inklusif untuk membangun hubungan yang harmonis di lingkungan masyarakat multikultural dan mayoritas Kristen sebesar 90%. Pemanfaatkan media digital sederhana seperti WhatsApp untuk berkomunikasi dengan wali santri dan masyarakat berjalan efektif, meskipun infrastruktur teknologi yang terbatas menjadi tantangan signifikan. Penggunaan platform medsos lainnya, instagram, facebook dan Youtube digunakan sebagai media dakwah dalam menyiarkan nilai-nilai Islam yang toleran, damai dan harmonis.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi humas berbasis kearifan lokal yang adaptif terhadap teknologi digital dapat menjadi solusi efektif dalam menjawab tantangan multikulturalisme dan globalisasi. Meskipun tidak menghasilkan peningkatan jumlah santri baru yang signifikan, namun pendekatan yang dijalankan berhasil mencapai tujuan yang lebih penting, yaitu membangun pemahaman yang lebih baik dan harmoni sosial di kalangan masyarakat mayoritas Kristen.
References
Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Agustini, D. (2022). Pemanfaatan Media Sosial dalam Manajemen Hubungan Masyarakat sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Era Pandemi. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 36–45.
Angin, T. G. P., & Mukhlisiana, L. (2024). The Use of AI In Digital Transformation Ethics and Public Relations Strategies. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 5(11).
Arifah, B. N. (2023). Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Citra Positif Lembaga Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Manakib (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo). IAIN Ponorogo.
Azizah, Y., & Halwati, U. (2023). Strategi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan Awereness Masyarakat. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 250–257.
Bahri, S. (2022). Konsep pembelajaran pendidikan agama islam di era society 5.0. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(2), 133–145.
BPS NTT. (2023). Persentase Pemeluk Agama (Persen). https://ntt.bps.go.id/indicator/108/84/1persentase-pemeluk-agama-.html
Budhirianto, S. (2020). Transformasi pendekatan komunikasi publik pada humas pemerintah di era digital. Media, Komunikasi, Teknologi Informasi Dan Komunikasi.
Fikri, M. A. (2024). Pendidikan Islam dan Pembentukan Identitas Muslim di Era Globalisasi. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 149–156.
Girsang, C. N. (2020). Pemanfaatan micro-influencer pada media sosial sebagai strategi public relations di era digital. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 206–225.
Grunig, J. E. (2011). Public relations and strategic management: Institutionalizing organization–public relationships in contemporary society. Central European Journal of Communication, 4(06), 11–31.
Grunig, J. E., & Kim, J.-N. (2021). 15 The four models of public relations and their research legacy. Public Relations, 27, 277.
Hartati, S., & Fernadi, M. F. (2021). Difficulties And Opportunities Facing Islamic Schools In The Age Of Digital Media. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 207–213.
Indrawati, S. (2024). Manajemen Humas Berbasis Cyber dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru. IHTIROM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 69–85.
Mujiburrohman, M., & Faqih, M. M. (2024). Multicultural Education Transformation: Building Solidarity, Tolerance and Global Peace through the Global Citizenship Education (GCED). Proceeding of International Conference on Education, Society and Humanity, 2(2), 360–379.
Muzakki, I. H. (2024). Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Dalam Menciptakan Kesalehan Sosial di SMAN 3 Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Nursiah, N. (2024). Revitaliasi Identitas dan Moralitas Pelajar Era 5.0 Melalui Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 69–90.
Quesenberry, K. A. (2020). Social media strategy: Marketing, advertising, and public relations in the consumer revolution. Rowman & Littlefield.
Reddi, C. V. N. (2019). Effective public relations and media strategy. PHI Learning Pvt. Ltd.
Rivaldy, N., Ma’mur, I., & Firdaos, R. (2023). Membangun Reputasi Pendidikan Dasar Islam Melalui Public Relation di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi pada Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kabupaten Bekasi). Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 16–34.
Salahuddin, S. P. (2024). Komunikasi Dalam Organisasi Multikultural. Komunikasi Sosial Dan Lintas Budaya, 2.
Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.
Setiawan, Y. L., Yendra, M., Yusnaini, Y., Musri, M., Firmansyah, F., Putra, R. H., Ginting, E., Putra, R. E., Sila, G. E., & Bakhtiar, R. (2024). Public Relations Era Digital. CV. Gita Lentera.
Taryana, A. (2023). Peran Humas, Media Digital, dan Manajemen Opini Publik di Pertamina Internasional EP. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 403–414.
Tong, S. C. (2022). Public relations practice in the digital era: trust and commitment in the interplay of interactivity effects and online relational strategies. Journal of Marketing Communications, 28(7), 799–819.
Verčič, D., Verčič, A. T., & Sriramesh, K. (2015). Looking for digital in public relations. Public Relations Review, 41(2), 142–152.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mujiburrohman Mujiburrohman, Hefniy Hefniy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











