Transformation of Islamic Boarding Schools in the Era of Globalization
-
DOI:
https://doi.org/10.35719/leaderia.v5i2.876Keywords:
pondok pesantrenAbstract
Perubahan yang berlangsung cepat, menuntut kemampuan pesantren untuk merespon secara cepat, tepat, dan adaptif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif- fenamenologi, studi ini mencoba melihat dinamika perubahan yang dihadapi oleh Pesantren Nurul Islam. Dari hasil studi yang dilakukan disimpulkan bahwa adaptasi perubahan dengan model pemeliharaan atau pelestarian nilai-nilai lokal (localities) yang positif dan bermanfaat bagi pesantren. Sebagai agen perubahan, pesantren (Nurul Islam) berpartisipasi aktif dalam perubahan sosial masyarakat sekitarnya. Selain itu, pembinaan kepribadian bertujuan mempersiapkan para santri untuk memiliki ilmu agama dan non agama agar menjadi manusia yang berkepribadian Islam yang mampu mengamalkan ilmunya. Sistem kepribadian yang dibentuk pesantren Nurul Islam adalah mampu menghadapi dan merespon perubahan tanpa menafikan aspek akhlak. Bahkan, pesantren Nurul Islam mencoba memadukan dan mengintegrasikan sistem sekolah dan pesantren untuk melahirkan generasi-generasi yang benar benar handal dalam bidangnya. Pesantren dengan keunggulan soft skillnya dan Lembaga formal dengan keunggulan life skillnya akan menjadi solusi pendidikan yang adaptif terhadap perkembangan jaman.
References
Aisyah, Ain Siti & Muttaqin, Ahmad Ihwanul. “Modernisasi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Bustanul Ulum Krai Lumajang dalam Konteks Perubahan Sosial.” Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies, vol. 3, no. 2, 2023. DOI:10.54471/nusantara.v3i2.32 ejournal.nun.or.id+1journal.unpas.ac.id+1
Ali, A. Mukti, Metode Memahami Agama Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1991).
Ali, Surya Darma, Epistemologi Kajian Islam Indonesia Memperluas Horizon Kajian Islam, Menjawab Tantangan Perubahan (Malang: UIN Maliki Press, 2013).
Arif, Mahmud, Panorama Pendidikan Islam di Indonesia (Yogyakarta: Idea Press, 2009).
Azra, Azyumardi, “Pesantren: Kontinuitas dan Perubahan”, dalam Nurcholish Madjid, Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan (Jakarta: Paramadina, 1997).
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Cet. I (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012).
Danim, Sudarmawan, Menjadi Peneliti Kualitatif (Bandung: Pustaka Setia, 2002).
Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia (Jakarta: LP3ES, 1994).
Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia (Jakarta: LP3ES, 2011).
Faizatin. “Digital Cultural Adjustment pada Pondok Pesantren (Kajian Fenomenologis atas Pesantren Annuqayah Sumenep dan Tebuireng Jombang).” JSP: Jurnal Studi Pesantren, 2024. journal.ua.ac.id
Fajar, A. Malik, Visi Pembaruan Pendidikan Islam (Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penyusunan Naskah Indonesia /LP3NI, 1998).
Geertz, Clifford, Abangan, Santri, Priyay Dalam Masyarakat Jawa, Terj. Aswab Mahasin (Jakarta: Pustaka Jaya, 1983).
Geertz, Clifford, “The Javanese Kyai: The Changing Role of a Cultural Broker”, Comparative Studies in Society and History, Vol. 2, No. 2: 236-238 (Januari, 1960).
Hasbullah, Profil Pesantren (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999)
Horikoshi, Hiroko, Kiai dan perubahan Sosial (Jakarta: P3M, 1987).
Khusnadin, Muhammad Hafidz; Anggaira, Aria Septi; Al’Asror, Rohimin. “Transformasi Pondok Pesantren di Era Digital: Dampak Positif Multimedia dalam Pendidikan, Dakwah, dan Kemandirian Santri.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 10, no. 2, 2023. DOI:10.23969/jp.v10i2.26592 journal.unpas.ac.id
Koenig, Samuel, Man and Society: The Basic Teaching of Sociology, Cetakan ke dua (New York: Barners & Noble inc, 1957).
Miles, Mathew B. & A. Michael Huberman, Qualitative Data Analysis (London: Sage Publications, 1984).
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004).
Mudzhar, Atho, “Pesantren Transformatif: Respon Pesantren Terhadap Perubahan Sosial,” Edukasi, Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Vol. 6, No. 2 (Juni, 2008).
Musthofa Rahman, “Menggugat Manajemen Pendidikan Pesantren”, dalam Abdurrachman Mas'ud, et al. (ed.), Dinamika Pesantren dan Madrasah (Yogyakarta: Pustaka Pelajar bekerjasama dengan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2002).
Muttaqin, Ahmad Ihwanul & Pitara, Canda Ayu. “Transformasi Kepemimpinan: Adaptasi Pesantren Bustanul Ulum Krai Lumajang dalam Menjawab Globalisasi.” Journal of Islamic Education Research, vol. 1, no. 1, 2023. DOI:10.35719/jier.v1i01.2 leaderia.uinkhas.ac.idjournal.unpas.ac.id+2jier.uinkhas.ac.id+2ejournal.nun.or.id+2
Nawawi, Hadari, Metode Penelitian Sosial (Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1995).
Qomar, Mujammil, Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi (Jakarta: Erlangga, 2002).
Ranjabar, Jacobus, Perubahan Sosial Dalam Teori Makro: Pendekatan Realitas Sosial (Bandung: Alfabeta, 2001).
Ritzer, George dan Goodman J. Doglas, Teori Sosiologis Modern, terj. Alimadan (Jakarta: Prenada, 2004).
Robi’ul Afif Nurul Aini. “Adaptasi Sistem Pendidikan Pesantren dalam Era Modernisasi.” At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah, vol. 5, no. 1, 2017, pp. 128–158. ejournal.kopertais4.or.id
Setiawan, Kelik dan M. Tohirin, “Format Pendidikan Pondok Pesantren Salafi Dalam Arus Perubahan Sosial di Kota Magelang”, CAKRAWALA, Vol. X, No. 2 (Desember, 2015)
Siradj, Said Aqil et.al, Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren (Bandung: Pustaka Hidayah, 1999).
Soebahar, Abd. Halim, Kebijakan Pendidikan Islam dari Ordonansi Guru Sampai UU Sisdiknas (Jakarta: Rajawali Press, 2013).
Soekanto, Soerjono, Sosiologi suatu Pengantar (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1990).
Steenbrink, Karel A., Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Moderen (Jakarta: LP3ES, 1994)
Sulton, Muhammad dan Moh. Khusnuridlo, Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspektif Global (Yogyakarta: LaksBang PRESSindo, 2006).
Widodo, Ari Abdi & Husni, Muhammad. “Strategi Digitalisasi Pendidikan Pesantren dalam Internalisasi Nilai Aswaja Bagi Generasi Z di Era Teknologi.” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 3, no. 1, 2024. DOI:10.61104/ihsan.v3i1.851 ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rifan Humaidi, Syamsul Bahri, Ahmad Royani, Mohamad Ahyar Ma'arif Ahyar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











