PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP BRANDING MADRASAH DI MTSN 1 KOTA PALANGKA RAYA
Abstract
Kepemimpinan kepala madrasah mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pencapaian keberhasilan pendidikan di madrasah. Salah satu usaha kepala madrasah untuk mencapai keberhasilan pendidikan adalah dengan berupaya menciptakan branding madrasah yang dapat menjadikan madrasah yang dipimpinnya memiliki ciri khas atau pembeda dengan madrasah lainnya. MTsN 1 Kota Palangka Raya merupakan satu-satunya Madrasah Tsanawiyah yang memiliki branding sebagai madrasah unggulan bidang akademik di Kota Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kepemimpinan kepala madrasah di MTsN 1 Kota Palangka Raya, bagaimana branding madrasah di MTsN 1 Kota Palangka Raya, dan ada atau tidaknya pengaruh antara kepemimpinan kepala madrasah terhadap branding madrasah di MTsN 1 Kota Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang berjumlah 53 orang dan peserta didik yang berjumlah 808 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 251 responden yang diambil berdasarkan rumus Isaac dam Michael dengan taraf kesalahan atau sampling error 5%. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan angket atau kuesioner yang telah dinyatakan valid dan reliabel berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas, kemudian dibagikan secara online melalui Google Form. Uji hipotesis yang digunakan adalah regresi sederhana yang dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS Statistics For Windows versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepemimpinan kepala madrasah di MTsN 1 Kota Palangka Raya berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 81,6%, (2) branding yang ada di MTsN 1 Kota Palangka Raya berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 65,8%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kepemimpinan kepala madrasah (X) terhadap variabel branding madrasah (Y) dengan nilai siginifikan sebesar 0,001 < 0,05, nilai thitung > ttabel atau 8,13 > 1,97 dan nilai fhitung > ftabel atau 66,091 > 1,97, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah terhadap branding madrasah di MTsN 1 Kota Palangka Raya.
References
Abdy, M. (2019). Kemampuan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Islamiyah Medan. UIN Sumatra Utara.
Ahmadi. (2021). Kepemimpinan Pesantren Pola Komunikasi dan Komitmen Integrasi Budaya. Ruas Media.
Najah, T. S., Zamroni, & Suranto. (2021). Headmaster ’ s Leadership Style in the Implementation of School-Based Management at Madrasa. RIGE (Review Of International Geographical Education), 1(5), 4427–4435. https://doi.org/10.48047/rigeo.
Purnomo, M. H. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah yang Efektif (Aktualisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan dalam Islam). Jurnal Auladuna, 01(02), 110–121.
Safi’I, Imam, Mukhoyyah, dan Yunus. 2020. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata
Setyaningsih, D.L. (2020). Strategi Humas Dalam Menciptakan School Branding (Penelitian Kualitatif Di Sekolah dasar Muhammadiyah Terpadu (SDMT) Ponorogo. IAIN Ponorogo
Sholihah, T. (2018). Strategi Manajemen Humas Dalam Menciptakan School Branding Pada Sekolah Islam Terpadu. JMPI Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 72–84.
Supriadi, G. (2021). STATISTIKA PENELITIAN PENDIDIKAN.pdf.
Suryati, Lili. (2015) Manajemen Pemasaran Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Sleman: CV Budi Utama
Zahro, Rokhmawanto, S., & Fauziah, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 muhimatul a'liyah, Triwid Syafarotun Najah, Nurul Hikmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











