Strategi Pemasaran Madrasah Ibtidaiyah di Jember Jawa Timur

Authors

  • M. Ilmil Zawawi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Zainal Abidin UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/leaderia.v3i1.166

Keywords:

marketing strategy, positioning, differentiation, brand, elementary school

Abstract

The purpose of this article is to reveal the positioning, differentiation, and brand of Madrasah Ibtidaiyah (Islamic Elementary Schools) Nurul Islam 02 Balung Jember in the context of competition with other Elementary Schools/Islamic Elementary Schools. This research uses a qualitative approach with the type of case study. Data was obtained by observation, interviews, and document review. Data analysis used interactive analysis consisting of data reduction, data presentation, and verification/conclusion. This study reveals: First, Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember establishes its positioning as a madrasa that is superior, religious, and has character according to local wisdom. Second, there are two differentiations highlighted by Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember: image differentiation with A Accreditation and program differentiation with religious programs. Third, the brand built by Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember is excellence with Accreditation A and strengthening aqidah and amaliyah ubudiyah ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah.

Tujuan artikel ini adalah mengungkap positioning, diferensiasi, dan brand Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam 02 Balung Jember dalam konteks persaingan dengan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan reviu dokumen. Analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/simpulan. Penelitian ini mengungkap: Pertama, MI Nurul Islam 02 Balung Jember menetapkan positioning dirinya sebagai madrasah yang unggul, religius, dan berkarakter sesuai kearifan lokal. Kedua, ada dua diferensiasi yang ditonjolkan oleh MI Nurul Islam 02 Balung Jember: diferensiasi citra dengan Akreditasi A dan diferensiasi program dengan program-program keagamaan. Ketiga, brand yang dibangun oleh MI Nurul Islam 02 Balung Jember adalah keunggulan dengan Akreditasi A dan penguatan aqidah dan amaliyah ubudiyah ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah.

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Creswell, J. W. (2015). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ferdinand, A. (2003). “Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Stratejik. Research Paper Series, 1, 1-55.

Fitria, S. (2018). “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Diniyyah Al-Azhar Jambi.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah.

https://dispendik.surabaya.go.id/berita/2014/47-sekolah-merger-terima-sk/

https://memorandum.co.id/40-sdn-dimerger-tahun-ini-disdik-bangkalan-patok-kebijakan-regrouping-besar-besaran/

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4629791/31-sd-di-tulungagung-dimerger-menjadi-15-sekolah

https://radarjombang.jawapos.com/nasional/11/10/2021/30-sd-di-jombang-bakal-dimerger/

Kartajaya, H. (2004a). On Positioning Seri 9 Elemen Marketing. Bandung. Mizan.

Kartajaya, H. (2004b). On Diferentation Seri 9 Elemen Marketing. Bandung. Mizan.

Kartajaya, H. (2004c). On Brand Seri 9 Elemen Marketing. Bandung: Pustaka.

Khoirum, R. dan Wilopo. (2018). “Persepsi Alumni terhadap Brand Image (Survei pada Alumni Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)”, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 55 No. 1.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, Edisi Milinium, Terjemahan Hendra Teguh Ronny A Rusli and Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prehanlindo.

Kotler, P. dan Kevin Lane Keller. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ngapirin. (2014) “Model Strategi Pemasaran Pendidikan SMK Plus As-Salafiyah Krangkeng Indramayu Jawa Barat.” Tesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rahmat. (2021). “Manajemen Pemasaran Produk Madrasah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Baru Tahun 2020/2021.” Skripsi, IAIN Palangka Raya.

Sa’adah, As. (2018). “Strategi Pemasaran Madrasah dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Untuk Menyekolahkan Anaknya di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Depok Sleman Yogyakarta.” Master thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Sadat, A. (2009). Brand Belief Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat.

Saparudin. (2017) Ideologi Keagmaan dalam Pendidikan: Diseminasi dan Kontestasi pada Madrasah dan Sekolah Islam di Lombok. Ciputat: Onglam Books.

Suciyono, A. (2018). “Strategi Kepala Madrasah Mempertahankan MTS Madani Alauddin Paopao.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Sugiyono. (2017). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprayogo, I. (2007). Quo Vadis Madrasah, Gagasan, Aksi dan Solusi Pembangunan Madrasah. Yogyakarta: Hikayat.

Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan, Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Zawawi, M. I., & Abidin, Z. (2022). Strategi Pemasaran Madrasah Ibtidaiyah di Jember Jawa Timur. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.35719/leaderia.v3i1.166