Manajemen Manajemen Program Pendidikan Keagamaan Ke-Nahdlatul Ulama-an di SMA Nahdlatul Ulama Lekok Pasuruan

Authors

  • Zumrotun Nafisah Ahmadan IAIN JEMBER
  • Siti Aminah IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i1.55

Keywords:

Manajemen Program Pendidikan, Keagamaan NU, Religious Education Program Management, Nahdlatul Ulama

Abstract

The Nahdlatul Ulama senior high school of Lekok, Pasuruan, is an education institution under the Nahdlatul Ulama whose religious education programs are based on the values of ahlussunah wal jamaah (Aswaja). The purpose of this study is to know the planning, organization, performance and evaluation of the religious education program about NU. The researcher went directly to the study using observation methods, interviews and documentation. The research findings are 1) the planning of religious educational activities program is carried out by viewing future needs, setting goals based on madrassa's mission vision, determining policies, by little cost and each activity has its own time to implement. 2) the organization of the religious activity program is carried out by performing what type of duty and responsibility identification based on each individual's abilities and qualifications. Continued by assessing the nature of the task and responsibility, determining and distributing the task and responsibility 3) executing this program of NU's religious activities consists of a) praying dhuha and reading the surah al-Waqiah and continuing with the book study being done daily by jamaah, b) praying dhuhur, which is ended by reading the surah al-Mulk and Asmaul Husna and administered daily, C) the madrasah program executed after the learning activity for students who do not follow the religious madrassa activity, d) reading the tahlil through a memorization system carried out each week, 4) the evaluation of the NU activities program is carried out each week by bringing small notes related to the activities being done in order to fit the plans.

Keywords: religious education program management, Nahdlatul Ulama

Lembaga pendidikan SMA NU Lekok Pasuruan merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang memiliki program pendidikan keagamaan ke-NU-an yang berlandaskan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi program pendidikan keagamaan ke-NU-an, penulis melakukan langsung ke tempat penelitian dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu 1) Perencanaan program kegiatan pendidikan keagamaan NU ini dilaksanakan dengan melihat kebutuhan masa depan, menetapkan tujuan yang berdasarkan pada visi misi madrasah, menentukan kebijakan, dengan sedikit  biaya dan setiap kegiatan mempunyai waktu pelaksanaan masing-masing. 2) Pengorganisasian program kegiatan keagamaan NU ini dilaksanakan dengan melakukan identifikasi jenis  tugas  dan tanggung jawab berdasarkan kemampuan masing-masing individu disertai kualifikasi ijazah. Dilanjutkan dengan menggolongkan jenis tugas dan tanggung jawab, menentukan dan mendistribusikan tugas dan tanggung jawab 3) Pelaksanaan program kegiatan   keagamaan NU ini terdiri dari   a)sholat   dhuha berjamaah dan membaca Surat al-Waqiah dan dilanjutkan dengan kajian kitab dilaksanakan setiap hari secara berjamaah,b) sholat dhuhur berjamaah yang diakhiri dengan membaca Surat al-Mulk dan Asmaul Husna dan dilaksanakan setiap hari, c) Program Madrasah Diniyah yang dilaksanakan usai kegiatan belajar bagi siswa yang tidak mengikuti Madin, d) membaca Tahlil melalui sistem setor hafalan yang dilaksanakan setiap minggu,  4) Evaluasi program kegiatan kegamaan NU ini dilaksanakan setiap minggu sekali dengan membawa catatan-catatan kecil terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan agar sesuai dengan yang direncanakan.

KataKunci: Manajemen Program Pendidikan, Keagamaan NU

 

References

Fitriani, Laela. 2017, Implementasi Pembelajaran Aswaja (Ahlusunnah wal Jamaah) dan ke-NU an dalam Menanamkan Nilai-nilai keagamaan siswa di Sekolah Dasar Darus Sholah Jeber, Skripsi, Program Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Jember.

Hasbullah. 2001, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ibniyanto. 2017, Implementasi Pembelajaran Aswaja Dalam pembentukan Perilaku Sosial dan Keagamaan Peserta Didik di SMA Pesantren Al-In’am Gapura Sumenep, Tesis, Program Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

L.Daft, Richard. 2010, Era Baru Manajemen, Jakarta: Salemba Empat, ed.ke-9.

Lazwardi, Dedi. 2017, Implementasi Evaluasi Program Pendidikan di Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah,Jurnal manajemen pendidikan, Vol.7, No.2, Desember.

Madjid Nurcholis. 2010, Masyarakat Religius: membumikan Nilai-nilai Islam Dalam Kehidupan, Jakarta: Dian Rakyat.

Rochman, Fathor. 2015, Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian Dalam Perspektif Al-Quran dan Hadith, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.1, No.2, Desember.

Sagala, Syaiful. 2009, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

St Rodliyah. 2015, Manajemen pendidikan sebuah konsep dan aplikasi, Jember: IAIN JEMBER PRESS.

Sugiono. 2018, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta

Sulisyorini. 2009, Manajemen Pendidikan Islam: Konsep Strategi dan Aplikasi, Yogyakarta:TERAS.

Yanuarti, Triyas. 2018, Pembelajaran Aswaja Pada Kelas Intensive di SMA Ma’arif Kroya, Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, IAIN Purwokerto.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Ahmadan, Z. N., & Aminah, S. . (2021). Manajemen Manajemen Program Pendidikan Keagamaan Ke-Nahdlatul Ulama-an di SMA Nahdlatul Ulama Lekok Pasuruan. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i1.55